Cara Mengatasi Darah Tinggi atau Hipertensi

 

cara megnatasi darah tinggi hipertensi

Darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita masyarakat Indonesia utamanya adalah mereka yang tinggal di daerah perkotaan dan orang yang sudah lanjut usia. Darah tinggi atau hipertensi sendiri terjadi karena ada penyempitan pada pembuluh darah yang mengakibatkan laju atau tekanan darah menjadi meningkat.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena darah tinggi atau hipertensi, dantaranya adalah karena usia, genetik, stress, serta pola hidup yang kurang sehat. Berikut ada beberapa upaya pencegahan yang dapat anda lakukan untuk mengatasi penyakit darah tinggi atau hipertensi.

1. Kurangi Konsumsi Garam

Mengonsumsi garam yang berlebihan bagi seorang penderita darah tinggi memang suatu yang harus dihindari. Tapi buat anda yang masih belum terkena hipertensi alangkah baiknya mengontrol garam yang masuk dalam tubuh.

2. Konsumsi kalium, magnesium dan kalsium

Mengonsumsi makanan yang mengandung Kalium, magnesium dan kalsium sangat dianjurkan, karena kalium, magnesium dan kalsium mampu mengurangi tekanan darah tinggi.

3. Hindari Alkohol

Usahakan untuk mengurangi, kalau bisa menghilangkan konsumsi minuman atau makanan beralkohol. Bagi penderita hipertensi, mengonsumsi alkohol dapat memicu tekanan darah yang lebih tinggi. Hal tersebut dapat menyebabkan pembuluh darah pecah dan akan mengakibatkan stroke. Batas maksimal mengonsumsi lkohol bagi penderita hipertensi adalah 30 ml alkohol per hari bagi laki-laki, sedangkan wanita 15 ml per hari.

4. Olahraga Secara Teratur

Terbukti dengan melakukan olahraga secara teratur dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Namun bagi anda penderita hipertensi, sebaiknya memilih olahraga yang ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, lari santai, dan berenang.

5. Hindari Stress

Kurangi hal-hal yang dapat menyebabkan anda stress. kalau bisa lakukan terapi anti stress untuk mengendalikan emosi anda.

6. Perbanyak Konsumsi Sayur Berserat

Silahkan konsumsi sayuran dan buah-buahan yang memilik serat tinggi seperti pisang, tomat, wortel, melon, dan jeruk. Makanan-makanan tersebut akan menjaga kestabilan tekanan darah anda.

7. Hindari Obat Yang Dapat Meningkatkan Tekanan Darah

Ada beberapa obat yang memiliki efek samping meningkatkan tekanan darah. Jadi alangkahbaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu setelah anda menerima obat tertentu.