Tips Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Tips Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Tips Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Normalnya tekanan darah orang dewasa berada pada kisaran 120/90 mm/hg. Sedangkan pada orang lanjut usia berkisar antara 130/90 – 140/90 mm/hg. Tekanan darah dikatakan rendah jika berada pada rentang -20/-10 mm/hg di bawah ukuran normalnya. Ukuran tersebut berlaku baik untuk orang dewasa maupun lanjut usia.

Tekanan darah dipengaruhi oleh kemampuan pembuluh darah memompa darah ke seluruh bagian tubuh.Dan beberapa penyakit, seperti beri-beri maupun anemia, menyebabkan pembuluh darah tidak cukup kuat untuk menjalankan fungsinya. Akibat selanjutnya suplai oksigen ke otak pun menjadi tidak lancar.

 

Tekanan darah rendah bisa bersifat akut. Kalau kondisinya akut maka harus segera ditangani secara benar. Orang bisa lemas, sesak nafas, bahkan pingsan. Salah penanganan bisa membahayakan jiwanya. Pada tahap ini penderita tekanan darah rendah harus mengkonsumsi obat-obatan yang dapat membantu memulihkan tekanan darahnya. Di rumah sakit biasanya pasien akan diinfus dan diberi obat-obatan tertentu yang sesuai dengan kondisinya saat itu.

Sementara pada tahap kronis, yaitu ketika gejala sudah berlangsung menahun, langkah terbaik untuk mengatasinya adalah mencari penyebab utamanya. Tidak tuntasnya penanganan faktor pemicu memungkinkan terjadinya komplikasi. Jangan anggap sepele gejala ini. Kurangnya oksigen di jaringan tubuh bisa menimbulkan kerusakan jantung, liver dan ginjal.

Sebenarnya setiap orang bisa saja mengalami tekanan darah rendah, tidak pandang usia. Tapi perempuan memang lebih banyak. Ini karena perempuan mengalami siklus haid dan juga melahirkan. Selain dipicu oleh suatu penyakit, tekanan darah rendah juga dapat terjadii akibat keletihan, kurang gerak dan kehamilan. Ketika tubuh kurang gerak, pembuluh darah menjadi lemah, kekuatannya untuk memompa darah juga berkurang. Sementara saat menstruasi, darah yang dikeluarkan tidak dapat tergantikan dengan seketika, demikian pula ketika mengandung.

Menurunnya tekanan darah yang bukan disebabkan oleh penyakit dapat diatasi dengan cukup mudah. Untuk mengatasi tekanan darah rendah akibat keletihan, cara paling sedergana ialah dengan mengkonsumsi banyak air. Kurangnya cairan tubuh akan membuat darah menjadi kental. Dengan sendirinya kondisi ini menyulitkan kerja pembuluh darah.

Olah raga pun bisa membantu mengatasi tekanan darah rendah. Dan untuk tekanan darah rendah karena beberapa sebab lain, konsumsi suplemen penambah darah juga bermanfaat.

Berikut ini tips untuk mengatasi tekanan darah rendah:

  • Jika secara tiba-tiba Anda mengalami gejala tekanan darah rendah, segeralah duduk dan beristirahat sejenak. Carilah tempat yang cukup lapang sehingga memudahkan Anda bernafas. Minumlah air hangat, akan lebih baik jika minum yang manis-manis.
  • Biasakan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang. Terlalu banyak junkfood akan membuat Anda kekurangan zat-zat penting yang dibutuhkan tubuh.
  • Hindari makanan berlemak. Bagi diabetesi (penyandang penyakit diabetes), sesuaikan jumlah kalori yang masuk dengan kadar gula rendah.
  • Perbanyak konsumsi sayur-sayuran. Sayur mengandung zat besi yang dapat membantu terbentuknya hemoglobin.
  • Buah-buahan dan beberapa jenis jamu tradisional juga baik dikonsumsi oleh penderita tekanan darah rendah.
  • Berolah raga secara teratur, namun jangan berlebihan. Untuk mengganti ion tubuh yang hilang sehabis berolah raga atau beraktivitas lainnya, minumlah campuran air gula dan garam.
  • Perbanyak minum air mineral dua liter per hari. Sesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan. Bandingkanlah jumlah air yang dikeluarkan tubuh, baik melalui keringat maupun air seni.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


six + = 15

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *