Boyke Foredi

Bahaya Makanan Yang Mengandung MSG

MSG

MSG (Monosodium Glutamate) atau vetsin / pecin ditemukan pada tahun 1908 oleh ilmuwan jepang yang bernama Dr. Kikanae Ikeda. Beliau berhasil menemukan zat yang dapat menyedapkan rasa dari rumput laut. Dan pada masa itu, rumput laut adalah bumbu yang kerap digunakan masyarakat Jepang untuk memasak.
Pada bulan april 1968, Robert Ho Mon Kwok menulis surat kepada New England Journal of Medicine yang berisi keluhannya setelah menyantap chinese food,  sekitar 15-20 menit ia merasakan bagian belakang lehernya berasa kebas dan perlahan-lahan menjalar ke punggung dan kedua tangannya. Ia juga merasa lemas dan jantung berdebar kencang, dari surat inilah di kenal istilah Chinese Restaurant Syndrome yang digunakan untuk menyebut gejala yang ditemui setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak MSG.


Dampak buruk lain yang dapat ditimbulkan dari mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG diantaranya adalah :

  • Orang yang sering mengkonsumsi MSG lebih rentan mengalami Asma pada pernapasan dibandingkan dengan orang yang jarang mengkonsumsi MSG.
  • Mengalami sakit kepala, atau pusing jika mengkonsumsi terlalu banyak MSG.
  • Daya ingat berkurang jika setiap hari mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG. hindari makanan tersebut! terutama anak anda.
  • Gangguan tidur
  • Jika kita terlalu sering mengkonsumsi makanan dengan MSG maka akan membuat indera perasa kita menjadi kebal, sehingga membuat kita merasa ketagihan untuk mengkonsumsinya.

Reaksi terhadap MSG dapat terjadi kapan saja, dari mulai segera setelah mengkonsumsi MSG sampai beberapa hari kemudian. Anak-anak lebih rentan terhadap efek negatifnya dibandingkan orang dewasa.
Kita tahu MSG berfungsi untuk menyedapkan rasa pada makanan dan sudah tentu makanan yang diberi MSG memiliki rasa yang ekstra sedap. tetapi untuk menghindari MSG seorang ibu rumah tangga bisa membuat makanan dengan rasa yang enak hanya dengan menggunakan Gula dan garam yang beryodium. rasa mungin sedikit kalah dengan yang mengandung MSG, tetapi dalam segi kesehatan Garam dan Gula lah yang dapat mencegah kesehatan untuk masa depan.
Makanan yang harus dihindari :

  • Junk Food
  • Makanan bungkus yang siap seduh langsung makan.
  • Mie Instant
  • Dan Makanan Ringan seperti Chiki(Hindari terutama Anak Anda).

Perbanyak makan sayuran atau susu serta vitamin setiap hari untuk menjaga kesehatan dan stamina.

Comments:

blog comments powered by Disqus

Contact Us

Administrator

P Sidokare Asri
Sidokare
Sidoarjo
Indonesia
Tlpn   : +6281242585757
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Joomla templates by Joomlashine