Cara Menyembuhkan Masuk Angin

Cara Menyembuhkan Masuk Angin

Cara Menyembuhkan Masuk Angin

Masuk angin. Istilah ini agaknya begitu akrab dengan kehidupan kita. Munculnya rasa tak enak dan lemas di badan. Biasa ditandai dengan perut kembung, yang seolah ada angin terperangkap dan bergerak-gerak di sana. Munculnya suara-suara aneh dari perut dan hasrat kuat bersendawa.
Tak banyak yang memahami masuk angin. Yang sebenarnya terjadi adalah munculnya masalah pencernaan akibat telat makan, sehingga produksi asam lambung meningkat. Atau, karena mengasup makanan yang merangsangi produksi gas pada tubuh.
Ketika makanan bergerak menuju saluran pencernaan, makanan akan diubah menjadi energi dan juga sampah. Namun, ada beberapa makanan yang sulit untuk diurai saluran pencernaan. Akibatnya, makanan akan digiring ke usus besar, dan merangsang produksi gas.

Masuk angin dapat disebabkan karena berkumpulnya gas yang tidak merata di dalam tubuh. Kebiasaan yang sering menjadi penyebab terjadinya masuk angin adalah sering angin-anginan, tidur di lantai, tidur menggunakan AC atau kipas angin dan dapat disebabkan karena perubahan musim ( musim pancaroba ). Gejala yang ditimbulkan dari masuk angin adalah perut kembung, pusing, badan terasa tidak enak, mual dan pegal serta nyeri di seluruh tubuh. Biasanya masuk angin dapat disembuhkan dengan beristirahat yang cukup dan makan secara teratur, tetapi perlu juga diwaspadai karena terkadang masuk angin menjadi salah satu gejala dari sebuah penyakit tertentu misalnya penyakit jantung.
Tetapi tidak ada salahnya juga jika Anda mencoba cara menyembuhkan masuk angin dengan menggunakan cara yang tidak menimbulkan efek samping . Caranya adalah :

  • Beristirahat dengan cukup

Beristirahat dapat menjadi cara utama yang dapat kita lakukan untuk menyebuhkan masuk angin.

  • Mengonsumsi vitamin

Vitamin dapat membantu mempertahankan daya tahan tubuh kita.

  • Hindari konsumsi air yang dingin.

Air yang dingin justru akan memperburuk keadaan oleh karena itu konsumsilah minuman hangat seperti wedang jahe, atau dapat menggunakan minuman asam jawa yang dicampur dengan gula merah dan air panas.

  • Olesi perut dengan minyak kayu putih atau minyak telon

Ini dapat bermanfaat untuk meredakan kembung dan mual yang disebabkan karena masuk angin. Dapat juga menggunakan air panas yang dimasukan ke dalam botol kemudikan letakan pada perut.

  • Berolaraga dengan teratur

Olah raga memang hal yang sangat penting untuk kesehatan jika anda sudah mulai merasa baik. Usahakan untuk memulai berolahraga secara teratur.
Demikianlah tips sebagai cara mengatasi masuk angin tanpa menimbulkan efek samping karena bahan-bahan yang digunakan tidak mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya. Tetapi apabila cara disebut tidak juga mengatasi masuk angin, periksakanlah diri anda ke dokter untuk mengantisipasi penyakit lain yang ada dalam tubuh Anda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


four × 2 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *